Tugas-Cyber PR-CSR

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Di Sebuah Lembaga

Sekitar dua ratus bikers di Kota Bandung dari masing-masing club yang tergabung di dalam Wadah Organisasi LSM Garda Penghijauan Jawa Barat membuktikan dengan mendeklarasikan diri dan melakukan penanaman pohon di Cikole Lembang sebanyak dua ratus bibit pohon di tanam, hal ini dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia.

Penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan serta bertujuan menghapus image negatif terhadap anggota club motor yang dinilai kerap kali meresahkan masyarakat. Pandangan masyarakat terhadap geng motor dan club motor hampir sama.

Maka karena itu diharapkan dengan gerakan ini, secara tidak langsung menunjukkan bahwa club motor lebih peduli terhadap lingkungan dan kehidupan sosial kemasyarakatan kebanding geng motor yang terkesan arogan serta meresahkan masyarakat dan lingkungan.

Koordinator Public Relations dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GARDA GREEN REVOLUTION memanfaatkan sistem Information and Communication Technology (ICT) sebagai sarana media informasi dengan menitik beratkan tanggung jawab dan aksi dari wadah organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat GARDA (LSM) tersebut. Salah satu kontribusi terpenting dari pemanfaatan sistem Information and Communication Technology (ICT) membantu lembaga yang terkait berorganisasi secara lebih luwes (fleksibel).

Serta meningkatkan kemampuan organisasi pendidikan untuk merasakan dan menanggapi tuntutan perubahan-perubahan karena kondisi lingkungan dengan berbagai tools-nya dapat mengurangi ketidakpastian informasi.
Definisi menurut para ahli
Menurut elkington (1997) mengemukakan bahwa sebuah instansi perusahaan atau lembaga yang menunjukan tanggung jawab sosialnya akan memberikan perhatian kepada peningkatan kualitas perusahaan/lembaga (profit); masyarakat khususnya komunitas sekitar (people); serta lingungan hidup (planet bumi).

Definisi menurut para ahli
Menurut Elkingto dalam Wibisono (2007) jika instansi perusahaan atau lembaga ingin bertahan maka perlu memperhatikan tiga P, yakni bukan hanya profit yang diburu, namun juga harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat (people) dan ikut aktif menjaga kelestarian lingkungan (planet).
Kesimpulan Analisa

Kesimpulan Analisa
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GARDA GREEN REVOLUTION yang rata-rata 90% anggota mereka dari kalangan anak Club Motor, kembali lagi ke LSM tersebut merupakan bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila LSM ini memperhatikan kepentingan masyarakat sesuai dengan tatanan lingkungan masyarakat itu sendiri.

LSM memiliki hubungan yang bersifat simbiosa mutualisme, untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat wajar bila LSM tersebut memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sehingga bisa tercipta harmonisasi hubungan bahkan pendongkrakan citra dan image.

Implementasikan program karena memang ada dorongan yang tulus dari dalam (internal), LSM telah menyadari bahwa tanggung jawabnya bukan lagi sekedar kegiatan untuk menciptakan keuntungan (profit) demi kelangsungan organisasi, melainkan juga tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sumber: http://berdhan.wordpress.com/tugas-cyber-pr-csr/
Powered by Blogger.