8 Rumus Ampuh Dalam Menulis Blog (Bagian 1)

Apakah pembaca disini ada yang sudah aktif ngeblog? Atau baru mulai ngeblog? Well.. Pada prinsipnya sebelum menulis artikel di blog, perlu untuk dipikirkan topik yang sesuai dengan obyektif marketing kita.

Apa sih yang mau kita sampaikan? Apakah mau jualan? Atau sekedar iseng saja?

Terlepas dari apapun motifnya, pastikan semua informasi yang akan kita tulis itu unik & menarik untuk dibaca oleh orang diluar sana yang tidak mengenal kita.

Tebak apa kira-kira point of interest mereka?

Apabila kita ingin memasarkan sesuatu, baik itu produk, jasa, atau hasil ide kreatif kita, strategi konten marketing yang ideal harus dipikirkan.

Coba buat daftar yang berisikan ide-ide kreatif untuk menciptakan konten yang bermanfaat untuk pembaca, jangan cuma nyampah di dunia maya sembarangan, buang waktu! Hehehe… (walaupun tidak ada yang menyalahkan juga sih kalau kita melakukannya).

Berikut 8 rumus ampuh yang dapat membantu kita menjadi blogger yang baik:


1. Kumpulkan Ide


Selalu perhatikan sekitar kita, baik di dunia nyata maupun di internet. Perhatikan apabila ada sumber menarik, statistik, berita, ide visual ataupun contoh yang menarik.

Buatlah daftar atau bookmark untuk berbagai topik dan aplikasi yang dapat berguna bagi pembaca blog kita setidaknya 5 sampai 10 list. Lalu kompilasikan hal tersebut ke dalam sebuah blog post.


2. Review


Menyeleksi informasi sebelum dirilis dapat membuat pembaca menghemat waktu mereka untuk mengenal suatu topik secara lebih cepat dan mendalam.

Menulis sebuah pandangan mengenai buku atau review tentang suatu produk atau jasa dapat menjadi konten yang berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

Ajak guest blogger atau pengembang terkait untuk bekerja sama mempromosikan blog kita supaya menambah jumlah massa yang lebih besar bagi kedua belah pihak.


3. Wawancara

Mewawancarai individu, organisasi atau instansi yang terkait dengan industri kita juga sangat kami rekomendasikan. Buatlah sebuah pertanyaan pintar, unik dan tidak biasa dari angle yang berbeda.

Kompilasikan jawaban dari banyak orang ke dalam sebuah blog post, dan usaha kita ini akan menuai respon ketika orang melihat value dari apa yang kita kerjakan. Hasil wawancara kita harus memiliki memorable value.


4. Jawablah Pertanyaan

Carilah ide pertanyaan dari lingkungan sekitar, keluarga, sahabat, pegawai, atau melalui web analytics serta situs pencarian pertanyaan seperti Quora dan berbagai macam situs pencarian sosial.

Jenis pertanyaan yang dicari adalah yang kuat relevansinya dengan value yang akan kita tawarkan kepada para penanya/pembaca.

Tuangkan jawaban dari pertanyaan ini secara mendetil dalam sebuah artikel blog. Ini merupakan sebuah tip dasar yang paling mudah diaplikasikan dalam strategi konten marketing kita.

Terlibatlah dalam channel-channel media sosial dan share konten blog kita pada pembaca yang memang spesifik kita target untuk membaca artikel kita.

_________________________
Sumber: http://www.kivibyte.com/blog/8-rumus-ampuh-dalam-menulis-blog-bagian-1/
Powered by Blogger.