Hashtag Facebook Memperluas Jangkauan Strategi Marketing Anda

Peluncuran Hashtag yang dijanjikan Facebook sudah mulai dilakukan. Penambahan terbaru ini akan membuka sebuah medan baru bagi Facebook dalam hal pengumpulan data dan mengubah perilaku pengguna dalam menggunakan platform Facebook. Strategi konten marketing digital tentunya harus memanfaatkan hal ini dengan sebaik mungkin.

Pada intinya Hashtag berfungsi secara umum seperti yang Anda gunakan dengan fungsi Hashtag di sosial media lainnya. Kunci dalam pemanfaatan penambahan Hashtag pada Facebook terletak bukan pada bagaimana, namun mengapa Anda perlu menggunakannya.

Facebook-Hashtags

Hashtag memperkaya data yang dimiliki Facebook. Akses data massive yang sudah dimiliki Facebook di antaranya adalah usia, lokasi, jenis kelamin, status hubungan, bahasa dan tempat kerja seseorang. Menariknya masih ada lagi data mengenai hal-hal yang diminati oleh pengguna yang diambil dari halaman yang Anda Like, preferensi termasuk brand, grup musik, makanan, pakaian, klub olahraga, selebriti dan lainnya. Kini, dilengkapi dengan Hashtag maka Facebook dapat mulai mengumpulkan sumber data yang lebih luas mengenai apa yang Anda bicarakan dan sentimen pengguna pada umumnya.

Alasan pertama adalah penetapan target audiens menjadi sangat kuat dan terarah. Hashtag tak diragukan lagi akan membawa sebuah sistem penetapan target yang disertai opsi berdasarkan percakapan dan penggunaan Hashtag. Anda dapat mengkombinasikan data mengenai minat dan data penggunaan Hashtag untuk memasang iklan bagi pasar yang sangat spesifik.

Anda dapat menargetkan pengguna yang menyukai fashion dan mencocokkan dengan penggunaan hashtag aktif yang berkaitan dengan brand yang sesuai dengan fashion tertentu. Dijamin target Anda sampai pada basis pengguna yang aktif dibandingkan sekedar iklan pada komunitas kosong. Facebook berpotensi untuk memasuki lingkungan pemasaran yang nyata dan target pemasaran iklan pada percakapan yang dibubuhi Hashtag spesifik, serta respon pengguna terhadap acara dan topik yang sedang ramai dibicarakan.

Alasan kedua mengapa Hashtag dapat memperluas jangkauan strategi marketing Anda adalah adanya keterlibatan dalam percakapan langsung yang memungkinkan pemasaran experiential atau pengalaman langsung. Twitter memang selama ini menjadi pemimpin dalam komentar event dan percakapan. Pengguna Twitter yang tidak saling kenal dapat terlibat diskusi suatu topik tertentu dengan dimungkinkan oleh Hashtag. Facebook kini mulai bersaing ketat dengan memungkinkan percakapan langsung yang dimungkinkan dengan Hashtag pada Facebook.

Respon pengguna untuk berdisuksi di Facebook memang belum dapat diketahui pasti. Namun dengan banyaknya acara dan pengalaman yang berbasis gaya hidup dan hiburan, Facebook dapat mengambil sebagian market share milik Twitter.

Mengambil Hashtag untuk perusahaan atau brand Anda adalah alasan ketiga. Bagi content marketer, ini adalah sebuah kesempatan besar untuk membuat konten di Facebook Anda terdistribusikan dengan baik diluar koneksi dan jariangan Anda. Sebelumnya, hal ini membutuhkan post berupa konten yang benar-benar sukses secara viral atau sejumlah dana agar sebuah konten di Facebook dapat tersebar luas.

Identifikasi Hashtag dan tren, serta prediksi apakah tren selanjutnya merupakan kemampuan yang harus diasah oleh konten marketer. Menjadwalkan konten Anda untuk muncul sesuai prediksi tren Hashtag akan menginkorporasikan Hashtag untuk membuat konten mencapai jauh diluar jangkauan jaringan Anda di Facebook. Sehingga pada akhirnya akan menciptakan keterlibatan yang lebih tinggi dan menjaring fans baru untuk halaman Facebook Anda. Data berupa konten Hashtag yang digunakan pengguna dapat menjadi acuan bagi Anda dalam membuat strategi ke depannya agar dapat mengukur hasil penggunaan Hashtag dalam strategi content marketing. Measurement adalah kuncinya dan kemampuan menganalisa hasil tersebut sangat krusial untuk menciptakan kesuksesan strategi Anda.

Ini adalah kesempatan besar bagi pemasar konten, kemampuan untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan dari post Facebook dengan penggunaan Hashtag harus dimanfaatkan dengan baik. Ekspektasikan fungsi baru penargetan iklan di Facebook ke depannya karena diyakini Facebook akan segera memperbaharui fungsionalitas penargetan iklannya. Akan ada lebih banyak elemen real-time dan penargetan yang didasarkan penggunaan Hashtag.

_______________________
Sumber: http://www.kivibyte.com/blog/hashtag-facebook-memperluas-jangkauan-strategi-marketing-anda/
Powered by Blogger.